Cara Melatih Akurasi Shooting Basket

Shooting merupakan suatu bentuk offense skill dalam permainan bola basket. Fungsi latihan skill shooting ialah untuk meningkatkatkan ketajaman akurasi shooting. Melatih akurasi shooting tidak bergantung pada posisi tangan dan jari karena posisi tangan dan jari setiap pemain pasti  berbeda pada saat melakukan shooting, yang paling menentukan dalam hal akurasi shooting tentunya seberapa sering kamu melakukan latihan dengan benar.

Sebagai pemain basket tentunya menyadari bahwa akurasi adalah hal yang utama, setiap pemain harus mengetahui kemampuan jarak shooting nya, mengetahui cara yang benar dalam shooting. Untuk itu lakukanlah latihan sebagai berikut :

  • Latihan shooting sesering mungkin dan buatlah target shooting dalam setiap latihan 
  • Berlatihlah dengan jarak yang dekat terlebih dahulu (setengah jarak free throw)
  • Setelah mahir shooting dengan jarak yang dekat, tambahlah jarak shootingnya
  • Teruslah lakukan latihan shooting sampai kamu mahir pada jarak shoot yang melebihi garis 3 point

Untuk mengetahui atau menilai kemampuan shooting kita, kita harus mengerti bahwa aspek mental dan fisik sangat berpengaruh pada kemampuan shoooting kita.

  • Aspek Mental : Mental merupakan faktor penting, melakukan shooting dengan akurat walaupun dalam tekanan tentunya memerlukan mental yang baik. Sering bertanding dan latihan dapat mengukur kemampuan shooting kita dan melatih mental bertanding kita. Aspek mental terbagi menjadi 2, yaitu :
  1. Kepercayaan Diri : setiap pemain harus memiliki keberanian dalam hal ini berkaitan dengan rasa percaya dirinya disetiap melakukan shooting. 
  2. Konsentrasi : setiap pemain harus bisa fokus dalam setiap permainannya, melalui latihan yang rutin dan serius akan meningkatkan kosentrasi dan kemampua shooting.

  •  Aspek Fisik : hal - hal yang mempengaruhi aspek fisik ada dalam teori BEEF, diantaranya :
  1. Body Balance (keseimbangan) : saat melakukan shooting, keseimbangan tubuh menjadi salah satu hal yang penting, shooting yang bagus tidak akan terjadi tanpa keseimbangan tubuh yang baik. Saat shooting, posisi kaki harus tegak lurus mengarah ke ring, posisi kaki yang tidak sesuai akan mengurangi akurasi shooting.
  2. Elbow (siku) : saat shooting, pemain pemula terkadang melakukan kesalahan dalam memegang dan melempar bola. Teori yang benar dalam hal ini, seharusnya bola ditolak bukan dilempar. Posisi siku membentuk siku-siku 90 derajat lurus dengan ring.
  3. Eye (mata) : pemain yang baik mempunyai focus penglihatan yang baik juga antara melihat, target, shooting, dan setelah shooting.
  4. Follow Through : gabungan antara posisi kaki yang tepat, keseimbangan yang terjaga, sudut siku yang baik, dan pemglihatan yang sempurna.