Senin, 03 Desember 2012

TIPS DAN PERLENGKAPAN RENANG

A . TIPS RENANG 

Sebelum berenang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar berenang dapat menyehatkan dan membuat tubuh bugar, bukan menjadi aktifitas yang bisa membahayakan, yang harus diperhatikan sebelum berenang diantaranya  :

1. Pemanasan  
Sebelum masuk ke kolam renang, sebaiknya jika kita melakukan pemanasan terlebih dahulu secara sistematis dari atas ke bawah. Pemanasan yang biasa dilakukan adalah : 
  • Peregangan kepala 
  • Peregangan tangan 
  • Perenganan pinggul 
  • Peregangan kaki 
          Peregangan kaki sangat penting, hal ini untuk menghindari terjadinya kaki kram. 

2. Mengapung di air dengan posisi telentang (wajah menghadap ke atas)  
Mengapung di air dengan posisi tidur telentang sangat mudah dilakukan, bahkan oleh orang yang tidak bisa berenang sama sekali. Caranya : 
  • rebahkan badan ke belakang 
  • lepaskan pijakan kaki dari lantai secara perlahan 
  • kepala ditarik agak ke belakang (posisi kedua telinga masuk ke dalam air) 
  • gerakkan kaki secara perlahan agar kaki terus mengapung dan tidak tenggelam (gerakan kaki bebas, boleh gaya bebas, gaya dada )
Catatan :
Kesalahan yang sering terjadi adalah kepala kurang ditarik ke belakang, sehingga mulut dan hidung akan terendam dan kemasukan air, hal ini akan membuat kaki tidak mengapung. Jadi jangan ragu-ragu untuk menarik kepala lebih ke belakang. Posisi kepala disini agak berbeda dengan renang gaya punggung. Untuk renang gaya punggung dagu didekatkan ke dada. Sedangkan gaya mengapung santai ini, kepala agak ditarik ke belakang sehingga dagu agak menjauh dari dada.  

Trik :
Bisa juga dibantu dengan memeluk papan pelampung atau mengapung dengan paha menjepit pullboy. 

3. Mengapung di air dengan posisi badan tegak (kepala di atas) 
Ternyata orang yang sudah bisa berenangpun masih sajah ada yang tetap takut dengan kolam renang yang dalam. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum berenang : 
  • posisi tubuh seperti orang yang berdiri di atas air 
  • gerakkan kaki seperti gaya dada (gaya katak/kodok) 
  • gerakkan kedua tangan secara bersama-sama naik turun
  • lakukan gerakan b dan c secara bersama-sama. 
Catatan : 
Kemungkinan pada awal-awal kamu akan mengalami kesulitan karena kepala akan timbul-tenggelam. Tidak apa-apa, teruslah berlatih sampai tangan dan kaki terbiasa . Setelah beberapa hari berlatih, maka tangan dan kaki akan terbiasa dengan gerakan tersebut dan akan bisa bertahan cukup lama dengan gerakan tersebut. Belajarlah di kolam yang dangkal lebih dahulu. Setelah bisa mempertahankan gerakan ini cukup lama dan bisa mengambang dengan kepala tetap di atas, maka kamu bisa mencobanya ke kolam yang lebih dalam. 

4. Menyelam  
Menyelam bisa dilakukan dengan bantuan kaki katak maupun tanpa bantuan apa pun. 

Gerakan kaki : 
  • dengan kaki katak, menggunakan gerakan kaki gaya bebas. 
  • tanpa kaki katak, menggunakan gerakan kaki gaya dada / katak. 
Gerakan tangan: 
Mau menggunakan kaki katak ataupun tidak, gerakan tangan tetap sama, yaitu dengan gerakan tangan seperti gaya dada atau gaya katak, tetapi tangan sepenuhnya ditarik ke samping kanan dan kiri sejauh mungkin ke belakang (tidak ke bawah).  

Catatan: 
Saat menyelam, kita harus tetap tenang dan santai. Jangan terlalu memaksakan diri saat menahan nafas. Untuk penyelaman di dasar laut, ada peralatan dan teknik khusus yang harus dipelajari sebelumnya.  

B. PERLENGKAPAN RENANG
Dalam cabang olahraga yang satu ini memang mempunyai etika berbeda dengan cabang olahraga lainya karena cabang olahraga ini di lakukan di dalam kolam renang, peralatan yang biasa di gunakan diantaranya adalah :

1. Ban  
Ban biasanya dipakai untuk anak-anak bermain dan berfungsi sebagai alat penolong untuk anak yang belum bisa berenang.

2. Kaca Mata Renang 

Kaca mata renang ini penting agar mata tidak iritasi dan perih saat sedang berenang. Harga kaca mata renang ini berkisar Rp. 25.000,- sampai Rp. 200.000,-. Merk yang bagus Speedo, akhir-akhir ini banyak dijual Speedo dengan harga sekitar Rp. 50.000- di (Carefour, Hypermart, dll). Dari segi kualitas sih lumayan. Saran saya jangan beli kaca mata renang yang harganya murah sekali, sebab biasanya kualitasnya juga kurang (sering bocor dan saat dipakai kaca matanya suka kemasukan air).

Kaca Mata Renang Minus
Untuk orang yang berkacamata minus, sekarangpun sudah ada kaca mata renang minus yang bisa kamu dapatkan di Ace Hardware dan Gramedia. Harganyaberkisat antara Rp. 100.000,- sampai Rp.  200.000,.
 

 Kaca Mata Renang Buram / Berkabut 

  • Pakailah kaca mata renang Anti Fog yang berkualitas baik.
  • Jika kaca mata renang mulai berkabut, maka berikan obat untuk diteteskan ke kaca mata renang. Obat anti fog yang diteteskan di kaca mata renang tersebut bisa dibeli di toko alat-alat olah raga atau di Gramedia. Harganya berkisar Rp.  50.000,-.
3. Kaki Katak  
Melalui bantuan kaki katak, kecepatan berenang gaya bebas bisa menjadi sangat cepat. Kaki katak lebih sering digunakan sebagai alat perlengkapan selam.
4. Pakaian Renang
        
pakaian renang
Zaman sekarang ini sudah banyak yang memproduksi pakaian renang yang tertutup , jadi untuk para wanita muslimah tidak perlu khawatir tentang masalah aurat ketika berenang. Harga baju renang berkisar Rp. 50.000, - Rp. 200.000,- atau mungkin saja lebih, tentunya haraga akan sesuai dengan bahan kualitas, pintar-pintar saja kamu untuk memilih.









5. Papan Pelampung 
Papan pelampung digunakan untuk : 
  • belajar mengapungkan badan dan meluncur 
  • belajar kaki gaya dada / kodok maupun kaki gaya bebas. Dengan cara papan tersebut dipegang oleh tangan, lalu meluncur di permukaan air dan gerakkan kaki dengan gerakan kaki gaya dada atau gaya bebas. 
  • memperkuat tangan dengan cara menjepitkan papan pelampung tersebut di paha agar kaki atau paha selalu di atas. Dengan cara itu kaki tidak perlu bergerak, sehingga hanya tanganlah yang akan bergerak dengan gaya dada atau bebas.
Papan renang paling sering digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan kaki gaya bebas. Harganya berkisar Rp. 30.000, - sampai   Rp. 40.000,-.


6. Hand Paddle 
Kegunaan dari hand paddle ini adalah untuk melatih dan memperkuat tangan, biasanya digunakan untuk renang gaya bebas. Cara memakainya adalah dengan memasukkan telapak tangan ke dalam hand paddle dan mulai berenang. Harga hand paddle yang paling murah berkisar Rp. 35.000,-

7. Pull Boy
Dipakai untuk belajar gaya kupu-kupu. Alat ini akan membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar gaya kupu-kupu. Dengan menggunakan alat ini kaki bisa lebih terangkat ke atas permukaan air. Cara menggunakannya yaitu dengan menjepitkan pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan kaki gaya kupu-kupu.

Harganya berkisar  Rp. 80.000,-



8. Penutup Kepala
 

Fungsi penutup kepala adalah untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (kaporit), dan untuk orang yang berambut panjang supay tidak mengganggu sewaktu berenang. Harga penutup kepala berkisar Rp. 25.000, sampai Rp. 50.000.






Download Materi :

 klik icon download dibawah ini

https://drive.google.com/file/d/0B1fqMBqwf8xRV0FIMk9wcjZQRVk/edit?usp=sharing
Artikel Terkait

1 komentar:

Poskan Komentar