Selasa, 27 November 2012

Sit Up


Gerakan Sit Up

Sit up merupakan sebuah gerakan latihan otot perut. Tubuh dibaringkan di lantai atau matras. Lipat kedua kaki dan menjejak ke lantai. Punggung kemudian ditarik ke depan hingga menyentuh lutut. Gerakan itu dilakukan selama beberapa set dengan nafas yang teratur.

Belakangan, sit up dilakukan dengan beberapa variasi. Baik kaki yang diluruskan dan menempel ke lantai, ditempelkan ke tembok, menggunakan bantuan fit-ball, atau digantung di udara. Pada dasarnya manfaatnya sama. Namun tingkat kesulitan yang berbeda akan memahat perut dari sisi yang tak melulu sama.

Sit Up yang Benar
  • Posisi tubuh tidur terlentang
  • Kaki menutup,menempel satu sama lain
  • Lutut ditekuk kurang lebih 45 derajat, sehingga membentuk posisi kaki V- Sit Up
  • Kedua tangan menyentuh belakang telinga.
  • Setelah itu gerakkan tubuh bagian atas naik turun
  • Ketika naik, perut dan dada harus sampai menyentuh paha
  • Ketika turun, kepala tidak boleh sampai menyentuh lantai, tetapi pundak harus menyentuh lantai.
  • Posisi tangan jari-jari tangan harus tetap menmpel disamping telinga.
  • Jika pergerakan atau pelaksanaan tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Maka tidak bisa dihitung.
  • Perhitungan, jika dimulai dari poasisi dibawah, maka duhitung sekali jika sudah turun lagi. Begitu juga sebaliknya. Jika dimulai dari atas, maka dihitung satu jika berada di posisi atas lagi.
Fungsi

Untuk melatih kekuatan otot perut





Download Materi :

 klik icon download dibawah ini
Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar